Kamis, November 27, 2008

Soto Mie ...............


Makanan apa yang paling aku suka ? ...... Soto Mie ....... yap, bener soto mie. Mo pagi, siang, sore atau malam ayo aja kalo diajak makan soto mie. Tapi soto mie yang aku suka ya yang pakai gerobak n' suka mangkal dipinggir jalan, ga tau kenapa menurut aku rasanya lebih enak.

Kegemaran makan soto mie sudah lama banget, seingat aku sih dari kecil dulu awal2 jadi anak SD. Waktu itu setiap hari minggu pasti aku main ke rumah kakek buyutku, nah setiap sore sebelum abang yang jualannya keliling pasti aku diajak beli langsung dirumah penjualnya. Kebetulan rumahnya ga jauh, agak dibelakang rumah kakek buyut. Begitu terus ..... jadi ketagihan deh, pokoknya hari minggu wajib makan soto mie. Pernah suatu kali karena tidur siang dan bangun kesorean si abang udah jalan, langsung nangis deh pokoknya harus ada.


Berlanjut sampai akhirnya pas hamil Icha, selama hamil 3 bulan pertama makanan yang bisa diterima diperut yang cuma soto mie he ... he ... he... Kalau sakit juga pengennya makan soto mie lagi soto mie lagi. Berangkat kerja pun kadang suka malas sarapan eh pas dijalan lihat soto mie langsung semangat, mampir ah .... sarapan dulu.... Tapi walau aku penggemar berat soto mie, belum pernah sekali pun coba2 buat soto mie sendiri. Selain males, aku juga ga pinter2 banget dalam hal masak memasak (hayah ... sok ngeles). Dulu pernah dapat kiriman resep, tapi akhirnya cuma disave doang. Kapan2 mo coba juga ah .... Ini dia resepnya,


Soto Mie

Bahan :
kikil (atau daging tetelan)

Pelengkap :
Mie basah,
Kol, iris tipis
Risol, potong sedang
tomat, iris tipis
daun seledri, iris halus
sambal rawit

Bumbu kuah :
merica
2 buah kemiri
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
seiris tipis jahe, keprek
1 lembar sereh
Garam

Cara membuat kuah :
1. Rebus kikil (daging tetelan) dengan air hingga daging empuk.
2. Haluskan merica, kemiri, bawang putih dan bawang merah.
3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan jahe dan sereh.
4. Masukkan bumbu tumis kedalam rebusan tetelan (daging), masak hingga mendidih.

Cara membuat risol :
1. Rendam bihun dalam air panas hingga empuk, tiriskan dan sisihkan.
2. Haluskan bawang putih dan merica, tumis hingga harum.
3. Masukkan bihun, beri garam secukupnya, aduk-aduk hingga bihun layu. Angkat.
4. Siapkan kulit lumpia.
5. Beri bihun dan gulung kulit lumpia.
6. Goreng hingga kecoklatan.

Cara membuat sambal rawit :
1. Rebus cabe rawit hingga layu.
2. Ulek kasar.
3. Beri air dan air perasan jeruk limau.

Penyajian :
1. Susun mie basah, kol, risol dan tomat.
2. Siram dengan kuah plus dagingnya.
3. Taburi daun seledri dan beri sambal rawit.

Tidak ada komentar: